RSS

Fase Patah Hati

11 Feb

KOMPAS.com – Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba si dia memutuskan hubungan. Padahal, janur kuning sebentar lagi melengkung. Sakit hati, pasti. Dunia serasa runtuh? Ya, iyalah. Bagaimana cara agar Anda bisa segera bangkit?

Menurut Barbara De Angelis, penulis buku The 100 Most Asked Question About Love, Sex, and Relationship, ada empat tahap proses penyembuhan yang mesti dilalui.

Fase 1: Perasaan tercabik-cabik
Waktu: 2 minggu – 4 bulan

Pada tahap ini, Anda mungkin akan menangis sepanjang hari, merasa kehilangan, tidak berdaya, kesepian, hilang selera makan, bahkan merasa sakit di dada yang tak kunjung reda. Tahap ini paling sulit dalam putus cinta. Anda merasa rasa sakit itu tidak akan pernah berakhir. Namun Anda salah. Anda akan melaluinya dengan baik, bahkan lebih cepat, bila melakukan hal-hal berikut:

* Menangislah sepuasnya, sebab semakin lama Anda ingin memendamnya, makin lama pula akan berakhir.
* Buatlah jadwal kegiatan yang padat. Sibukkan diri dan luangkan waktu bersama teman-teman dan keluarga.
* Olahraga dan makan teratur. Jaga kesehatan tubuh. Semakin bugar tubuh, psikologis Anda pun makin stabil.
* Hindari menemui atau berbicara dengan mantan pasangan. Tidak peduli begitu besar keinginan Anda untuk menghubungi dan mendengar suaranya. Jangan pernah lakukan! Semakin sering Anda bertemu, makin lama proses penyembuhannya.

Fase 2: Penyesuaian
Waktu: 2 – 6 bulan

Pada tahap ini, Anda akan mampu berbicara dan berpikir tentang mantan tanpa sakit hati dan marah. Anda bisa berpikir jernih. Anda tidak lagi merasa sebagai korban dan tidak sering menangis atau bersedih lagi. Kalaupun masih menangis, frekuensinya sudah seminggu sekali. Anda hanya akan sedih bila tiba-tiba menyusuri lagi jalan kenangan Anda dan dia.

Anda mulai menemukan kembali kepribadian yang mandiri. Anda sudah bisa bersenang-senang lagi dan menemukan hidup sebagai lajang. Bahkan bisa mulai memperhatikan lawan jenis yang menarik hati. Anda juga bisa menilai dengan jelas apa yang salah dalam hubungan selama ini. Mungkin pada akhirnya, Anda merasa beruntung lepas dari jeratan cintanya yang membutakan mata.

Fase 3: Penyembuhan
Waktu 6 bulan – 1 tahun

Hidup sudah mulai normal lagi. Anda sudah melewati masa-masa transisi. Di fase ini, Anda mungkin telah terlibat dalam hubungan baru. Kalaupun belum, telah muncul keinginan untuk memulai hubungan baru. Persoalan dengan si mantan juga telah berhasil diselesaikan dengan baik.

Dalam tahap ini, rasa sakit sudah tidak ada. Anda sudah bisa mengambil hikmah dari kejadian yang dialami. Anda merasa lebih baik, bahkan makin optimis menghadapi masa depan. Sesekali ingatan tentang mantan mungkin akan menggoda. Namun, tak lagi membuat Anda sedih.

Fase 4: Pemulihan
Waktu 1 -2 Tahun

Pada tahap ini, Anda telah 100 persen bersih dari virus patah hati. Anda telah mantap menatap masa depan yang lebih baik. Sekarang Anda telah memiliki lingkungan sosial baru, teman-teman baru, dan cinta-cinta baru. Yup, Anda telah siap untuk mencintai dan dicintai lagi. Tidak akan ada lagi orang-orang yang akan menanyakan hubungan Anda dengan mantan. Kejadian itu, Anda jadikan sebagai pelajaran yang sangat berharga untuk menjalin hubungan bar

 
Leave a comment

Posted by on February 11, 2012 in Cinta

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: