RSS

Tidur Lebih Lelap Berkat Jus Cery

09 Jan

KOMPAS.com – Hampir semua orang pernah mengalami saat-saat di mana sangat sulit untuk tidur di malam hari. Dalam hal ini, bantuan medis atau psikologis biasanya akan diperlukan. Tapi kini, Anda tidak perlu khawatir dan tidak perlu mengonsumsi obat-obatan tertentu untuk dapat beristirahat dan memejamkan mata.

Ada cara mudah dan alami untuk bisa membantu tidur lebih lelap yakni dengan meminum jus ceri. Penelitian mengindikasikan bahwa dengan rutin meminum jus ceri setiap hari terbukti dapat membantu mengatasi masalah gangguan tidur.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa buah ceri dapat membantu produksi hormon yang disebut melatonin – hormon alami yang membantu tidur lebih nyenyak.  Para ilmuwan dari University of Rochester Medical Center misalnya melakukan riset untuk menguji manfaat jus buah ceri dan kuet tart ceri dalam meningkatkan melatonin.  Penelitian mereka pernah diterbitkan dalam Journal of Medicinal Food.

Riset serupa juga pernah dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Texas Health Science Center di San Antonio.  Penelitian yang dipublikasikan dalam “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada October 2001 itu menyatakan bahwa ceri mengandung melatonin yang lebih tinggi sehingga dapat membantu tidur lebih nyenyak.

Melatonin diproduksi oleh kelenjar pineal yang terletak di dasar otak. Kelenjar ini umumnya akan lebih aktif ketika malam hari. Melatonin mengandung antioksidan yang bertanggung jawab untuk meningkatkan waktu tidur dalam jumlah yang signifikan dan cukup untuk memberikan efek positif bagi tubuh.

Selain membantu tidur lebih lelap, hormon ini juga mempunyai fungsi ajaib, di mana berperan dalam menjalankan fungsi penting seperti menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang menyebabkan penuaan.

Selain ceri, Anda juga dapat memilih beberapa alternatif makanan lain yang juga mempunyai peran besar dalam peningkatan produksi hormon melatonin seperti misalnya almond, kacang, susu dan daging ayam. Di Amerika Serikat, melatonin dinyatakan aman dan dijual sebagai suplemen makanan.

Jika Anda ingi mencoba memanfaatkan jus ceri sebagai minuman alami pembantu tidur nyenyak, ada baiknya mengikuti langkah-langkah berikut ini:

– Cobalah minum dalam beberapa dosis berbeda.  Dalam penelitian para ahli di University of Rochester Medical Center, relawan meminum 8 ounce (sekitar 240 ml) jus pada pagi hari dan kemudian  porsi yang sama dua jam sebelum tidur. Anda bisa mencoba porsi yang lebih rendah atau lebih tinggi, atau jumlah yang mendekati sebelum jam tidur.

– Kombinasikan.  Jus ceri juga dapat dikombinasi dengan bahan-bahan alami lainnya seperti jus valerian atau herbal lain yang dapat meningkatkan melatonin.

– Konsultasikan. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan  dokter jika Anda ingin menambahkan suplemen herbal dalam minuman jus ceri, terutama jika Anda sedang dalam perawatan atau mengonsumsi obat-obat resep.

 
Leave a comment

Posted by on January 9, 2012 in Kesehatan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: