RSS

Mendidik anak sejak dalam kandungan

27 Oct

Selama berada dalam rahim, anak dapat belajar, merasa, dan mengetehui perbedaan antara gelap dan terang.
Hasil penelitian para Ilmuwan menyatakan bahwa :

Program – program stimulasi dini meningkatkan nilai tes kecerdasan dalam pelajaran utama pada semua anak yang diteliti dari masa bayi hingga usia 15 tahun. Anak – anak tersebut mencapi kecerdasan 15 hingga 30 persen lebih tinggi. Stimulasi tersebut tidak hanya mengembangkan pencabangan sel otak lebih banyak dan daerah kortikal otak yang tebal, tetapi juga lebih cerdas dan lebih terampil bersosialisasi.
Bayi yang diberi stimulisasi pralahir cepat mahir bicara, menirukan suara, menyebutkan kata pertama, tersenyum secara spontan, mampu menoleh ke arah suara orangtuanya, lebih tanggap terhadap musik, dan juga mengembangkan pola sosial lebih baik saat ia dewasa.

Stimulasi pralahir dapat membantu mengembangkan orientasi dan keefektifan bayi dalam mengatasi dunia luar setelah ia dilahirkan. Bayi – bayi yang mendapat stimulasi pralahir dapat lebih mampu mengontrol gerakan – gerakan mereka dan juga lebih siap menjelajahi dan mempelajari lingkungan setelah dilahirkan, lebih tenang, waspada, dan bahagia.

Keistimewaan – keistimewaan pendidikan anak dalam kandungan merupakan hasil dari sebuah proses yang sistematis dengan merangkaikan langkah, metode, dan materi yang dipakai oleh orangtuanya dalam melakukan pendidikan dan orientasi serta tujuan kemana keduanya mengarah dan mendidik.

Orangtua khususnya seorang Ibu harus memperlakukan anaknya dengan baik, yaitu memberikan pelayanan yang tepat terhadap anak yang masih dalam kandungan, tidak melakukan tindakan – tindakan kekerasan yang menimbulkan dampak negatif (baik fisik maupun psikis ) terhadap anak dalam kandungan.

Pelayanan yang sangat baik untuk masa anak dalam kandungan adalah memberikan stimulus pendidikan, yang akan bermanfaat tidak saja pada perkembangan fisik, pertumbuhan mental (psikis) tetapi juga meningkatkan kecerdasan otak dan sensitifikasi emosional positif sang anak yang berada di dalam kandungan.

 
Leave a comment

Posted by on October 27, 2011 in Tips, Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: