RSS

Cara Pintar Mendidik Anak Agar Bertanggung Jawab

06 Sep

Berbagai permasalahan dan kesulitan yang dirasakan orangtua masa kini dalam menghadapi perilaku anak-anaknya menggambarkan bahwa tidak setiap orangtua merasa telah memiliki bekal yang cukup untuk dapat mengisi peranannya dengan baik. Kenakalan remaja yang kerap merusak tata tertib sosial, erat kaitannya dengan rusaknya hubungan yang serasi antara orangtua dengan anak-anaknya.

Dr. Thomas Gordon, seorang ahli psikologi Amerika Serikat, yang dipandang sebagai pemimpin gerakan perbaikan hubungan antarmanusia dalam masyarakat maju, memberikan metode baru untuk memperbaiki hubungan orangtua dan anak. Metode ini diberikan dalam bentuk latihan, karena bagaimana pun suatu keterampilan memang membutuhkan latihan. Latihan ini berupa antara lain mendengarkan aktif, menerapkan pesan-aku yang lebih bisa diterima anak, dan mengubah tingkah laku yang tak dapat diterima dengan mengubah lingkungan.

Dalam buku ini orangtua bukan saja mempelajari metode dan latihannya, tetapi juga kapan, mengapa, dan untuk tujuan apa semuanya harus digunakan. Semua tekniknya digambarkan dalam pola hubungan orangtua dan anak, yang diuraikan secara rinci dan dibubuhi ilustrasi berupa kasus-kasus yang sering terjadi di dalam keluarga. Ada pula petunjuk-petunjuk praktis sebagai program kerja orangtua menghadapi anak-anak menurut tahap perkembangan dan usia anak. Hasil yang didapat dari hubungan orangtua-anak ini tidak akan menyebabkan salah satu dari mereka merasa menang atau kalah.

Informasi dalam buku ini tidak hanya terbatas untuk orangtua, guru,atau pendidik, melainkan juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa jurusan psikologi, para pemimpin, para pengusaha, serta siapa saja yang ingin menerapkan pola baru dalam hubungan antarmanusia sesuai dengan teori modern.

 
Leave a comment

Posted by on September 6, 2011 in Tips

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: