RSS

Burung merpati kolongan

29 Jul

Kreatifitas warga Semali untuk mengisi waktu2 senggang di waktu sore hari dikala tidak hujan banyak dihabiskan untuk bermain burung merpati, terutama bagi orang-orang yang hobby. Di hari sabtu dan minggu biasanya permainan di lapak akan lebih ramai, karena orang-orang dari desa tetangga banyak berdatangan ikut melatih dan bermain merpati bersama. Kebetulan di tempat kami sudah didirikan lapak untuk latihan merpati kolongan ukuran 9x9x9 meter dengan 4 tiang bambu dan 2 buah meja landing, walaupun masih tingkat kampung, tapi lapak ini cukup meriah untuk hiburan warga dan anak-anak sekitar.

Ada beberapa jenis permainan dan perlombaan burung merpati yang sudah kita kenal misal, burung dara tinggian, dan balap, untuk sistem tinggian masih di bagi dua yaitu tinggian tomprang dan kolong. Untuk permainan di lapak desa Semali sedang mengikuti tren merpati tinggi kolongan

Letak lapak merpati kolongan desa Semali yaitu di jalan raya Gombong Kenteng sekitar KM  8 persis di sebelah pekuburan umum Desa Semali Pesucen, untuk di jangkau dari arah kota Gombong atau berpatokan Benteng Van der Wicjk Secata Dodikif ke arah utara, sangatlah mudah untuk mencapainya, posisi lapak sangat mudah di lihat di arah kanan jalan untuk perjalanan dari arah Gombong meluncur ke utara.

Untuk start penerbangan di ambil dari arah utara sekitar 1,2 KM, dari puncak perbukitan yang tinggi di lokasi hutan jati, daerah sekitar lumayan aman untuk penerbangan merpati, karena wilayah disini tidak ada pengganggu sepanjang perjalanan ataupun di wilayah perkampungan warga, jadi cukup nyaman untuk bermain burung dara di lapak ini, terutama anak2 kecil sangat senang untuk memberi tahu apabila ada burung dara yang mampir atau nyasar, jadi untuk yang hobi main burung tidak takut burungnya ga pulang ataupun hilang.

Medan untuk penerbangan memang cukup berat terutama di awal-awal latihan karena lokasi sekitar lapak merupakan perkampungan dan penuh dengan pohon-pohon dan rumah2 warga, jadi di awal latihan kadang banyak burung dara yang suka mampir. Tapi setelah burung terlatih terbang dari lokasi start, burung akan lebih cepat mengarah ke lapak dengan terbang tinggi, karena posisi start yang memang berada di ketinggian.

Note: Pembesar dan Pengurus lapak Semali: Bos Gareng, Bos Riwen, kaki Rampung, kang Marino dan mas Toni

Perkiraan hari pasaran burung merpati di Gombong dan sekitarnya: Gombong tiap hari, yang paling ramai hari Senin dan Kamis tempat di pasar pagi, Sokaraja: tiap hari, paling rame Sabtu Minggu, untuk Mandiraja & Purbalingga: Senen Kemis, untuk Purwanegara  &, Ajibarang: Minggu Rabu

 
Leave a comment

Posted by on July 29, 2011 in Kreatifitas, Merpati, Umum

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: